Harga mobil bekas murah semisal harga alphard secara umum memiliki kisaran pasar tergantung pada kondisi dan tahun produksi. Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki mobil. Harganya jelas lebih terjangkau daripada mobil baru untuk model yang sama.

Mobil bekas juga telah terbukti lebih kuat dan bandel dalam kinerjanya dibandingkan dengan mobil baru di pasaran saat ini. Saat berburu mobil bekas, Anda dapat mencari dealer atau penjual individu.

Harga yang ditawarkan tentu akan berbeda, mengingat motivasi para penjual yang menjual mobil bekas murni untuk mencari untung. Sebaliknya, penjual individual biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau. Mereka biasanya menjual mobil mereka karena mereka ingin mendapatkan dana tambahan untuk berganti menjadi mobil baru, atau mungkin karena ada kebutuhan mendesak lainnya.

Anda yang mencari mobil bekas, masih diharuskan menawar harga. Tujuannya agar Anda mendapatkan harga mobil bekas yang sesuai dengan harapan tas, atau dapat mengurangi harga kekurangan yang ada di dalam mobil.

Sebab, banyak mobil bekas yang dijual tidak sesuai dengan kondisi aktual. Diperkirakan perbaikan kendaraan atau dokumen mencapai puluhan juta rupiah.

Penjual akan menetapkan harga tinggi untuk mobil bekas mereka karena hanya mengacu pada harga pasar. Mereka tidak melihat aspek lain seperti kondisi fisik atau mesin mobil.

Berikut langkah-langkah dalam berburu mobil bekas:

1. Buat Pilihan

Membeli mobil bekas harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika akan digunakan secara rutin untuk bekerja, tentu pilihlah mobil kecil yang nyaman dan hemat bahan bakar. Anda yang sering bepergian bersama keluarga dapat memilih mobil besar.

Tentukan fitur apa yang dibutuhkan dari mobil impian, seperti AC, power windows, atau mengenai fitur keselamatan seperti ABS atau kantung udara. Dari sana, Anda dapat mencari harga pasar mobil impian yang memiliki fitur yang Anda inginkan.

Dari harga pasar yang ada, nanti Anda bisa menawar dengan nilai jauh di bawah harga. Tapi ingat, tetap logis dalam menawar yang rendah. Cara tawar-menawar seperti ini biasanya terjadi pada dealer mobil bekas.

Setelah mencocokkan harga, proses selanjutnya adalah memeriksa kondisi kendaraan, baik fisik maupun mesin. Pastikan mobil yang Anda pilih masih dalam kondisi sehat. Jika ada kerusakan, inilah poin Anda untuk menawar ulang harga dengan alasan perbaikan.

2. Memeriksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Periksa kondisi mobil bekas dengan cermat. Jika perlu, bawa seorang rekan yang mengerti mesin dan mobil untuk membantu memeriksa kondisinya. Setiap mobil memiliki perlakuan yang berbeda, ada yang mahal dalam perawatan mesin dan komponen. Sebaliknya, ada juga mobil yang lebih murah dalam perawatan mesin tetapi mahal untuk perbaikan bodi. Pastikan, kondisi mesin dan tubuh yang sehat agar Anda tidak terbebani dengan banyak perbaikan setelah membelinya.

Pertama periksa bagian luarnya. Periksa dengan cermat kondisi cat mobil. Cari karat, lekukan atau goresan. Lihatlah permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung.

Jika ada benjolan, itu adalah tanda bahwa bagian tersebut telah dicat ulang karena memiliki tanda dempul yang tidak rata. Jika ada bagian yang kasar, bisa jadi penutup lakban saat dicat ulang.

Jangan lupa periksa knalpot mobil. Jika ada bintik-bintik oli di ujung pipa itu menunjukkan masalah besar. Ketika Anda menghidupkan mesin dan asap putih keluar (bukan akibat cuaca dingin), maka ini juga pertanda buruk kerusakan mesin karena oli merembes ke ruang bakar.

Cukup merasa dengan urusan luar, maka pemeriksaan dilanjutkan ke dalam. Periksa panel jika masih utuh dan cat masih cerah. Kemudian periksa juga jok, apakah ada air mata, lubang atau kerusakan lainnya. Saat duduk di kursi pengemudi periksa kondisi lampu. Ini termasuk sensor parkir, kamera parkir, sistem audio dan sebagainya.